-->

5 Aplikasi Belajar Bahasa Pemrograman di Android

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang sering digunakan untuk memperintahkan sebuah komputer, bahasa ini bisa juga kita sebut sebagai bahasa instruksi standar untuk menggerakkan komputer. Lebih jelasnya, bahasa pemrograman adalah suara yang kita gunakan untuk memperintahkan sebuah komputer sesuai dengan keinginan masing-masing. Bahasa ini juga sering disebut-sebut sebagai bahasa komputer, dan bahasa pemrograman komputer.

Bahasa ini adalah bahasa suatu himpunan yang berasal dari sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefisikan program komputer. Stiap orang yang ahli atau pandai menggunakan bahasa program, biasanya dia akan disebut sebagai seorang programmer. Tidak semua orang dapat menguasai bahasa ini, namun ada juga sebagian orang yang mungkin menguasainya.

Bahasa ini dapat membuat kemungkinan bagi seorang programmer untuk menentukan secara persis data mana yang akan dikelola oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan, diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis. Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin yang ada pada komputer, bahasa pemerograman biasanya terdiri dari: Bahasa mesin, bahasa tingkat rendah, bahasa tingkat menengah, bahasa tingkat tinggi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bahasa pemerograman sering kali digolongkan kedalam bahasa tingkat tinggi, hanya bahasa "C" saja yang biasanya dimasukkan kedalam golongan bahasa tingkat menengah dan Assembly yang merupakan bahasa tingkat rendah. Jika Anda adalah seorang yang mahir dan menguasai bahasa ini, Anda dapat membuat sebuah program yang Anda inginkan. Misalnya saja seperti software komputer, aplikasi Android, dan lainnya.

Ngomong-ngomong mengenai Android, sekarang Anda juga bisa menguasai bahasa pemrograman dengan menggunakan aplikasi belajar bahasa pemerograman Android. Di PlayStore sendiri, sudah banyak sekali para Developer Android yang mempubilsh atau menyediakan aplikasi belajar bahasa pemerograman ini. Semuanya geratis, namun ada juga sebagian aplikasi yang berbayar.

Buat Anda yang tidak memiliki sebuah komputer dan guru bahasa pemerograman yang jelas, Anda bisa mencoba kumpulan aplikasi belajar bahasa pemerograman yang sudah saya sediakan disini. Baiklah, dibawah ini adalah aplikasi Android yang biasanya sering digunakan untuk belajar bahasa pemrograman:

5 Aplikasi Belajar Bahasa Pemrograman di Android

5 Aplikasi Belajar Bahasa Pemrograman di Android

1. Pemrograman Dasar Bahasa C/C++

Aplikasi yang pertama ini adalah aplikasi pertama yang dulunya sering saya gunakan untuk mempelajari bahasa pemrograman, jadi disini saya akan share atau bagikan saja aplikasi bagus berdasarkan pengalaman saya pada saat menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi ini dikembangkan oleh MariSinau, dan dirilis pada tanggal 7 Februari 2017. Bisa dibilang bahwa keberadaan aplikasi ini Di PlayStore sudah cukup lama, dan sudah pasti tidak diragukan lagi kualitasnya.

Terdapat banyak sekali fitur-fitur yang tersedia disini, mulai dari fitur Teori bahasa C/C++, praktikum bahasa C/C++, tugas penyelesaian pemerograman, kuis, dan hal lainnya yang masih berhubungan dengan bahasa C/C++.

Developer pada aplikasi ini sudah bilang dan berjanji akan selalu memberikan fitur-fitur terbaru yang unik dan menarik disetiap kali ada update. Kita tunggu saja bersama-sama update yang akan datang.

2. Buku Pemerograman

Memiliki fitur yang hampir lengkap dan menarik, membuat aplikasi yang satu ini semakin disukai oleh para pengguna setia Android. Bagai mana tidak? Aplikasi ini dirancang dengan sebagus mungkin untuk membuat para penggunanya menjadi nyaman.

Ada banyak sekali materi pelajaran yang bisa Anda akses secara geratis disini, mulai dari materi: HyperText Markup Langguage (HTML), Cascading Style Sheet(CSS), Javascript (JS), PHP, MySQL, dan Python. Bagaimana, cukup bagus bukan? Jadi tunggu apa lagi, ayo buruan install sekarang juga guys!

3. C++ Programming

Selanjutnya ada aplikasi C++ Programming nih sobat, aplikasi ini adalah aplikasi terbaik nomer 3 menurut saya. Sama seperti nama aplikasinya, aplikasi ini khusus hanya menyediakan bahasa pemrograman C++. Didalam aplikasi ini terdapat berbagai macam tutorial yang bisa Anda coba sendiri, ada juga fitur pertanyaan dan jawaban yang sudah dikategorikan untuk mempermudah para pengguna.

Aplikasi ini dilucuncurkan oleh Akshay Bhange pada tanggal 22 Agustus 2015 lalu, dan jumlah penggunanya sudah hampir banyak loh. Sayangnya, aplikasi ini sepertinya terbengkalai begitu saja, tidak ada update terbaru yang saya lihat pada aplikasi ini.

4. Programming Hub

Programming Hub adalah solusi atau guru yang bisa mengajarkan Anda bahasa pemrograman, pencipta dari aplikasi ini sangat tahu bagaimana caranya untuk membuat orang-orang merasa betah untuk menggunakan aplikasi ini. Bagaimana tidak? Didalam aplikasi ini sendiri, sudah tersedia banyak sekali jenis-jenis bahasa program yang bisa Anda pelajari secara geratis.

Developer pada aplikasi ini tidak ingin kalah dari pada Developer Android lainnya, mereka berusaha menciptakan dan memperbaharui aplikasi ini agar tetap menjadi menarik dan mudah untuk digunakan. Pada aplikasi Programming Hub ini, ada berbagai macam bahasa program yang bisa Anda temui nantinya disana. Mulai dari bahasa C++, Python, Javascript, dan masih banyak lagi.

5. SoloLearn

Terakhir, ada SoloLearn nih guys. Pada awalnya, sebenarnya ini adalah sebuah website saja. Tapi, sekarang juga sudah tersedia aplikasi khusus Androidnya. Saya sering belajar disini, yah walaupun bahasanya tidak ada bahasa Indonesianya, tapi saya masih tetap suka kok.

Pada aplikasi ini, kita akan disuruh langsung untuk terjun mengisi dan menyusun kode program yang hilang. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, Anda akan disuruh untuk membuat akun terlebih dahulu. Dengan begitu, semua hal yang telah Anda pelajari akan tersimpan, dan tidak perlu untuk takut hilang.

Terdapat sebuah rank pada SoloLearn ini, dan jika Anda memenuhi syarat, Anda juga akan diberikan sebuah sertifikat berupa gambar. Yah, tapi cuman boongan yah guys "hehehe"

Baiklah, itu tadi adalah 5 Aplikasi Belajar Bahasa Pemrogramman di Android. Semoga kalian suka dengan aplikasi ini, dan jangan komen sebelum mencoba yah. Semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Aplikasi Belajar Bahasa Pemrograman di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel